Rabu, 01 Agustus 2012

RPP SMP Kelas VII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  VII / 1
Alokasi Waktu                  :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
         1.   Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)            
B.       Kompetensi Dasar
1.2       Menjelaskan hadatst kecil dan tatacara thaharahnya (bersucinya )
C.       Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menyebutkan pengertian istinja’
§  Siswa dapat menjelaskan hukum istinja’
§  Siswa dapat menjelaskan adab istinja’
D.       Materi Pembelajaran
§  Pengertian istinja’
§  Hukum istinja’
§  Adab buang air
E.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang istinja’.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  cara istinja’ (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan najis dan tatacara mensucikannya (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara membersihkan najis sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit


G.       Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih kelas VII
§  Gambar seputar macam-macam najis
§  Air, Teh, kopi, susu, sirup, air kelapa, air es, garam, kotoran kambing.
§  Gelas plastik.
§  Lembar observasi.
§  LKS
H.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian istinja’
§  Siswa dapat  menjelaskan hukum Istinja’
§  Siswa dapat  menjelaskan adab buang air
§  Siswa dapat  menentukan alat –alat yang dapat digunakan untuk istinja.
§  Siswa dapat  mempraktikkan tata-cara istinja’
Evaluasi

Penelitian 

Penampilan
Uraian

Uraian

Uraian
§  Jelaskan apa pengertian istinja’ !
§  Jelaskan apa hukum Istinja’ !
§  Sebutkan adab buang air !



Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar